Galeri

Evaluasi USBN 2012 & TPP GPAI 2012

Pertemuan antara Anggota MGMP PAI SMP Kota Malang bersama Bpk Kasi Mapenda Kemenag Kota Malang Rabu, 11 April 2012 telah membicarakan beberapa hal yang terkait dengan USBN PAI tahun 2012. Dalam pemaparannya Kasi Mapenda menjelaskan bahwa USBN PAI sebenarnya sudah berjalan 3 tahun silam, tetapi Kota malang baru pada Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat terwujud. Hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak termasuk dinas Pendidikan, tanpa mereka mustahil USBN ini dapat terwujud. Di hadapan kurang lebih 60 Anggota dan Pengurus MGMP PAI SMP Kota Malang beliau menuturkan bahwa dalam pelaksanaannya tentunya banyak mengalami kendala, tetapi kendala-kendala tersebut dapat diminimalisir sehingga daam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. Karena itu jika disana sini masih terdapat kekurangan mohon dimaklumi karena masih baru menjabat Kasi Mapenda.

Dalam kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan tentang Tunjangan Profesi Pendidikan (TPP) tahun 2012. Untuk sementara guru-guru Agama yang ada di Malang dan Insya Allah seluruh Guru Agama di Indonesia sampai saat ini belum ada kejelasan kapan TPP tersebut dicairkan. tetapi dengan komitmen beliau dan berdasarkan undang undang yang berlaku siapa saja termasuk guru Agama yang PLPG nya sudah Lulus  seperti yang terjadi pada tahun PLPG 2011 akan dicairkan per januari 2012. untuk saat ini tinggal menunggu Nomor Regestrasi Guru (NRG) yang dikeluarkan oleh Kementerian pendiikan dan kebudayaan. jika proses NRG sudah turun maka nanti akan diatur dalam pencairannya. Memang antara kemendikbud dengan kemenag beda aturan sehingga jika dalam pencairannya tidak sama mohon dimaklumi.

Dalam penjelasan lebih lanjut, kasi mapenda menginginkan kepada guru-guru Agama di Kota Malang supaya memikirkan peningkatan mutu dalam 4 kompetensi yang diharapkan. karena itu pada tahun ini beliau mewajibkan untuk melampirkan sertifikat workshop atau diklat peningkatan mutu sebagai syarat pencairan sertifikasi. lebih lengkapnya syarat-syarat pemberkasan pencairan sertifikasi  mulai tahun 2012 sbb:

1. FC syah Sertifikat pendidik

2. Buku rekening Bank Syari’ah mandiri

3. Kenaikan gaji berkala (KGB) terakhir

4. FC SK Kenaikan Pangkat terakhir

5. FC Sertifikat Peningkatan Mutu.

6. SKMT dari Kepala Sekolah

7. Jadwal mengajar 24 JP atau 24 beban kerja.

8. dan lain-lain yang mendukung atau tugas tambahan yang mendukung 24 jam tatap muka.

Pada kesempatan lain Pengurus MGMP menghimbau bagi Sekolah yang belum menyerahkan nilai USBN supaya segera menyerahkannya ke kasi mapenda atau ke pengurus MGMP Pak Kirman SMPN 4 Malang Jalan Veteran 37 telp. 081334732623.

disamping itu dalam waktu dekat tepatnya pada tanggal 3 mei Kota malang akan mengadakan lomba FLS2N. untuk bidang lomba MTQ harap segera menyerahkan nama peserta lomba 1 pa 1 pi ke pengurus . adapun syarat-syarat lomba MTQ seperti di bawah ini:

KETENTUAN LOMBA MTQ FLS2N SMP TAHUN 2012

TINGKAT KOTA MALANG

  1. Peserta lomba adalah siswa kelas VII dan VIII yang masih berstatus sebagai siswa saat mengikuti lomba (diterangkan dengan surat tugas dari sekolah)
  2. Setiap sekolah mengirimkan satu peserta putra dan satu peserta putri
  3. Materi bacaan (Maqra) adalah ayat-ayat Al Qur’an tertentu yang harus dibaca oleh masing-masing peserta dengan ketentuan dari juz 1 s/d 10
  4. Cabang tilawah Al Qur’an, peserta harus membawakan minimal 3 (tiga) macam lagu (Nagham) dengan ketentuan, lagu pertama harus dimulai dengan lagu Bayyati/Huseini yang dibawakan minimal 3 (tiga) tangga nada yaitu: qarar (suara rendah), jawab (suara sedang), jawabul jawab (suara tinggi) setelah itu baru pindah kepada jenis lagu yang lain dan sebagai lagu penutup, juga harus ditutup dengan lagu Bayyati/Huseini. Cabang tartil Al Qur’an, peserta bebas dan boleh membawakan irama dan variasi (lagu)
  5. Cabang Tartil Al Qur’an, peserta bebas dan boleh membawakan irama dan variasi (lagu).
  6. Qira’at yang dibaca adalah riwayat hafsh dari Imam ‘Ashim Thariq Asy-syatibiyah’
  7. Waktu dan lama penampilan untuk cabang tartil Al Qur’an: 5 s.d 7 menit. Sedangkan Cabang tilawah Al Qur’an: 7 s.d 8 menit.
  8. Aspek penilaian:
  1. Cabang tilawah Al Qur’an :

a)     Bidang Tajwid

b)     Bidang Fashahah

c)      Bidang Suara

d)     Bidang Lagu

  1. Cabang Tartil Al Qur’an

a)     Bidang Tajwid

b)     Bidang Fashahah

c)       Bidang Irama dan Suara

  1. Peserta tidak perlu mengucapkan salam pada awal dan akhir bacaan, tetapi cukup dimulai dengan ta’awwudz dan diakhiri dengan tashdiq.
  2. Peserta harus mengikuti ketentuan-ketentuan tanda isyarat lampu : lampu kuning pertama persiapan membaca, hijau mulai membaca, kuning kedua persiapan mengakhiri bacaan, dan lampu merah peserta mengakhiri bacaan.
  3. Peserta harus berpakaian rapi dan sopan dengan kelengkapan yang menutup aurat. Pakaian tidak masuk dalam penilaian.
  4. Pelaksanaan lomba Insyaallah akan dilakukan pada hari Kamis, 3 Mei 2012. Tempat dan waktu menunggu konfirmasi dari Diknas Kota Malang.
  5. Pendaftaran peserta melalui MGMP PAI atau Kantor Diknas Kota Malang, terakhir hari Senin tgl 30 April 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s